Biografi Ratu Atut Chosiyah

Ratu Atut Chosiyah merupakan sosok perempuan yang cakap, bijaksana dan teruji. Beliau dilahirkan di Kampung Gumulung, Desa Kadubeureum, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten tepatnya pada tanggal 16 Mei 1962. Ia merupakan Gubernur wanita pertama di Indonesia. Pertama kali ia maju bersama Djoko dalam pemilikiha gubernur banten pada tahun 2002-2007. Pada pemilihan tersebut, pasangan ini menang dan hingga akhirnya Djoko terjerat kasus korupsi.

Pada tahun 2006 beliau mencalonkan diri sebagai wakil gubernur banten bersama dengan Mohammad Masduki. Pemilihan tersebut dimenangkan lagi oleh beliau dan banyak pasangan calon yang kurang setuju dengan terpilihnya beliau. Walaupun banyak yang menggugat, akhirnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ditetapkan sebagai gubernur pertama di Indonesia.

foto ratu atut chosiyah
Pada tahun 2011 ia kembali mencalonkan diri bersama pasangan Rano Karno. Pada pemilihan tersebut, dipastikan akan menang karena pasangan ini memiliki jumlah suara terbanyak. Memang beliau merupakan putri asli dari banten yang merakyat dan toleran. Ratu Atut dipandang sebagai sosok yang perduli terhadap kaum kecil.

Profile Ratu Atut Chosiyah

  • Nama Lengkap: Ratu Atut Chosiyah
  • Tempat Lahir: Serang
  • Tanggal Lahir: 16 Mei 1962
  • Zodiak: Taurus
  • Warga Negara: Indonesia

Pendidikan
SD Negeri Gumulung Tahun 1974.
SLTP Negeri 11 Bandung Tahun 1977.
SMA Negeri 12 Bandung Tahun 1981.
Akuntansi Perbankan Tahun 1984.
Manajemen, Universitas Borobudur,2004

Penghargaan
Anugerah Citra Perempuan Indonesia di Bandung.
Anugerah Sosial dan Wirausaha dari Yayasan Pesona Indonesia tahun 2001
Anugerah Citra Kartini tahun 2003 di Jakarta.

Bagikan ke

0 Responses to “Biografi Ratu Atut Chosiyah”

Posting Komentar