Cara Format Laptop

Laptop merupakan suatu alat elektronik buatan manusia yang dapat meringankan pekerjaan manusia. Pekerjaan itu bisa berupa perhitungan, pencarian informasi dan lain sebagainya. Saat ini semua orang sudah banyak yang mengenal laptop. Baik itu mulai dari golongan mudah sampai golongan yang tua. Mereka semua menggunakan laptop untuk memudahkan pekerjaan mereka.

Penggunaan laptop dalam waktu yang lama akan mengakibatkan kerusakan pada berbagai sistem laptop. Biasanya yang sering rusak yaitu bagian perangkat lunak yang biasa disebut sistem operasi. Bagian ini mudah sekali mengalami gangguan karena para pengguna sering menggunakan aplikasi yang terinstal pada sistem operasi tersebut. Selain itu, kerusakan bisa disebabkan oleh serangan virus yang menyebar melalui media flashdisk dan lainnya. Jika mengalami gangguan pada sistem operasi yang terlalu parah maka hal terbaik yang harus dilakukan untuk mengembalikan kedaan seperti semula yaitu dengan cara format laptop.

Format laptop merupaka sebuah aktifitas untuk membersikan isi hardisk dari berbagai file sistem maupun aplikasi dan diganti dengan sistem operasi maupun aplikasi yang baru. Sistem operasi yang sering digunakan biasanya terdiri dari dua macam. Yang pertama yaitu berbayar dan yang kedua yaitu open source. Sistem operasi berbayar seperti Windows dan sistem operasi Open Source seperti Linux.

Saat ini para pengguna di Indonesia rata-rata menggunakan sistem operasi Windows karena lebih mudah dan akrab dimana saja. Karena kebanyakan masyarakat sudah menggunakan windows maka produk tersebut yang sering digunakan. Ada beberapa langkah untuk memformat laptop yang harus dilakukan yaitu sebagai berikut:

  1. Pemilihan sistem operasi
  2. Proses partisi (pembagian hardisk)
  3. Proses instalasi sistem operasi
  4. Setting profile komputer
  5. Proses instalasi aplikasi/program

Itu merupakan beberapa hal yang dilakukan pada saat memformat laptop. Cara ini membutuhkan waktu lebih dari setengah jam. Semua proses diatas sudah dijelaskan secara detail dan dikemas dalam artikel yang berjudul Cara Format Laptop

Bagikan ke

0 Responses to “Cara Format Laptop”

Posting Komentar